Perawatan rayap biasanya merupakan investasi yang mahal, terutama jika ukuran rumah besar, serangannya serius, atau cakupan perawatannya besar. Tidak lupa biaya tambahan yang berkaitan dengan perbaikan struktur yang rusak, renovasi atau penggantian. 

Saat Anda menandatangani rencana pengendalian rayap, ada beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami dan juga mungkin mengapa perawatan Anda tidak berhasil:

1. Inspeksi dan deteksi awal mungkin tidak memadai dan menyeluruh

Dibandingkan dengan beberapa hama lain di mana tanda dan aktivitas hama lebih jelas, keberadaan rayap lebih sulit dikenali.

  • Rayap bawah tanah bersarang di tanah, tersembunyi di dalam bangunan dan sering dikira semut. Gejala mungkin kurang terlihat kecuali masalahnya meningkat.
  • Kehadiran tabung lumpur di dinding atau sayap yang dibuang mungkin tidak diperhatikan. Area blind spot dan pemeriksaan yang memadai di sekitar rumah termasuk kusen pintu dan jendela, lemari built-in, lantai parket, atap dan langit-langit mungkin diabaikan secara visual.

Bantuan : Spesialis pengendalian hama profesional dilatih untuk melakukan pemeriksaan rayap yang tepat dan memanfaatkan inovasi teknologi gelombang mikro untuk mendeteksi keberadaan aktivitas rayap secara akurat.

2. Kebingungan antara Rayap Kayu Kering, Rayap Bawah Tanah, dan Semut

Ada 3 jenis spesies rayap yang mungkin menyerang rumah Anda tetapi memiliki sifat dan kebiasaan bersarang yang berbeda.

  • Rayap Bawah Tanah bergantung pada kelembaban, membangun tabung lumpur dan membangun jalan mereka dari bawah ke atas untuk mencari makan.
  • Rayap kayu kering yang utama ditemukan di pintu, lemari dapur atau lemari kayu.
  • Semut di sisi lain secara fisik terlihat serupa, namun memakan sumber makanan yang berbeda untuk bertahan hidup. Rayap memakan kayu tetapi semut membutuhkan air untuk bertahan hidup. Spesies semut seperti semut tukang kayu dapat merusak struktur kayu karena aktivitas terowongannya, mereka mungkin dengan mudah disalahartikan sebagai rayap.

Bantuan:  Ada berbagai jenis solusi yang dirancang untuk mengendalikan infestasi spesies rayap dan semut yang berbeda. Misalnya, perlindungan rayap pasca konstruksi, metode umpan atau bahkan pengasapan mungkin disarankan untuk mengendalikan secara efektif.

3. Solusi “Hubungi Pembunuhan” vs Kontrol Koloni

Kami cenderung menangani dan menyelesaikan masalah dengan tujuan perbaikan cepat. Perawatan spot yang ditargetkan dan terlokalisasi dapat diterapkan di area yang jelas terinfestasi. Namun Anda harus tahu bahwa:

  • Sumber akar dalam mengendalikan koloni diabaikan. Kita mungkin akan disesatkan dengan mengamati resolusi infestasi permukaan sebagai solusi pemberantasan.
  • Dengan demikian, ada kemungkinan untuk merawat suatu area dengan permukaan tempat terinfestasi lainnya berikutnya. Ini karena rayap menyebar dengan membangun terowongan lumpur untuk akses dan makan.

Bantuan: Mungkin baik untuk melakukan penilaian efisiensi biaya jangka panjang antara mencari solusi perbaikan cepat biasa vs perlindungan jangka panjang yang tepat.  

4. Menggunakan Mitos Hama DIY atau Penelitian

Dengan kemudahan digital dan banyaknya tips DIY cepat dan berbagi mitos hama, dikatakan bahwa minyak jeruk dapat menghilangkan rayap. Ini karena adanya d-limonene yang memiliki unsur pembunuh dalam minyak jeruk. Namun, Anda harus memahami jika:

  • Ini tidak memberikan efek residual untuk manajemen koloni, yang merupakan efek penumpukan rayap bawah tanah yang khas (Sebuah koloni sebenarnya berisi lebih dari 350.000 anggota rayap!) 
  • Tidak ada kemanjuran abadi untuk jaminan dan ketenangan pikiran. (Rayap memakan kayu 24 jam setiap hari) 

Bantuan: Carilah bantuan jasa basmi rayap profesional dengan berbicara dengan ahli pengendalian hama yang kredibel dan dapat diandalkan.

5. Kualitas dan kemanjuran pengobatan yang dikompromikan

Ada banyak paket murah dan terjangkau yang ditawarkan di pasaran yang berpotensi mengganggu kualitas dan kemanjuran dalam pengendalian infestasi. Tetapi Anda harus ingat jika:

  • Bisa karena kualitas dan jenis termitisida, pengenceran, volume dan kredibilitas merek termitisida yang digunakan dan metode aplikasi.
  • Biaya perawatan yang tidak efektif dalam jangka panjang mungkin lebih mahal daripada premi yang sedikit lebih tinggi tetapi perlindungan yang memadai diberikan kepada rumah.

Bantuan: Dengan meningkatnya inovasi dan kemajuan desain solusi, ada pengobatan rayap efektif yang tidak hanya mengendalikan koloni, tetapi juga menawarkan langkah tambahan dalam mencegah kerusakan lebih lanjut yang terjadi pada rumah.

5 Hal Yang Perlu Diketahui Setiap Pemilik Rumah Tentang Pengendalian Rayap

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *