Jika Anda akan menghirup ban sepeda, Anda harus mengatur tekanan udara yang tepat. Mengembungkan ban secara berlebihan atau terlalu mengembang dapat merusak performa sepeda. Jika Anda ingin selangkah lebih maju dari permainan Anda, Anda harus tahu cara menghirup udara dengan benar. Jangan khawatir. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara melakukan ini secara efektif. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini dan Anda siap melakukannya:

Langkah 1: Dapatkan perangkat pompa yang tepat. Ini tergantung pada jenis katup yang dimiliki sepeda Anda. Kebanyakan sepeda memiliki tipe katup tradisional tetapi penggunaan sepeda dengan katup Presta dn Schrader juga lazim di seluruh dunia.

Katup Schrader memiliki katup yang lebih lebar yang ditandai dengan warna hitam dan bahan tutup plastik. Ini sangat mirip dengan katup di ban mobil Anda. Untuk katup Presta, ia memiliki katup logam tipis dengan nosel di bagian atas. Anda mungkin harus melepaskan nosel terlebih dahulu. Ada juga jenis Valve lainnya yaitu Dunlop valve tetapi Anda dapat menggunakan pompa yang digunakan untuk Schrader untuk valve ini.

Langkah 2: Untuk jenis katup biasa dan yang Schrader, buka tutupnya. Jika Anda memiliki Presta, buka tutupnya lalu putar nosel berlawanan arah jarum jam. Sekarang, Anda seharusnya sudah mendapatkan pompa yang tepat untuk katup tersebut. Anda hanya perlu menemukan attachment katup yang tepat jika Anda menggunakan perangkat pompa multiguna.

Langkah 3: Pasang pompa atau sambungan pompa ke katup. Beberapa pompa dilengkapi tuas pengunci untuk mengamankannya saat memompa udara. Jika pompa yang Anda miliki tidak memiliki fitur ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memegang kepala pompa dengan erat pada katup untuk mencegah udara keluar.

Langkah 4: Jika Anda menahan kepala pompa pada katup, minta seseorang untuk menekan pompa ke atas dan ke bawah. Lakukan ini sampai Anda mencapai level PSI yang tepat, PSI yang disarankan, atau level yang Anda anggap cukup kuat.

Langkah 5: Lepaskan kepala pompa dan pasang kembali tutupnya. Untuk katup Presta, putar searah jarum jam terlebih dahulu dan pasang kembali tutupnya.

Ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan saat mengudara ban sepeda. Pastikan saja tekanan udara yang tepat dipertahankan.

Cara Menempatkan Udara di Ban Sepeda

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *