Jenis-Jenis USG dan Prosedurnya

Apa itu USG dan apa sajakah jenis-jenis USG? USG adalah sebuah alat tertentu yang ditempelkan di kulit untuk memproduksi gambar peranan membantu mendiagnosis penyakit, memonitor organ, dan lainnya. Jenis-jenis USG punberagam jadi dari USG eksternal, internal, dan endoskopi. Lebih menyadari review ulasan berikut!

Jenis-Jenis USG

Berdasarkan tujuan peggunaannya USG terbagi jadi 2 kategori, yaitu USG kehamilan dan USG diagnostik.

Pernah mendengar arti USG atau Ultrasound? Ya kemungkinan banyak orang mengenal USG sebagai alat untuk memandang janin terhadap ibu hamil. Itulah fungsi USG yang paling umum diketahui. Namun, USG juga miliki kegunaaan lain untuk sejumlah organ. Lalu, memang apa itu USG? Supaya tidak tidak benar kaprah kenali lebih jauh seputar USG lewat gambaran berikut.

Pemeriksaan USG atau Ultrasound supaya anak dan ibu sehat
USG atau ultrasound adalah sebuah alat yang gunakan gelombang suara untuk merekam gambar yang ada di dalam tubuh. Alat ini disebut juga transduser, mengeluarkan suara frekuensi tinggi yang kemudian merekam gema selagi gelombang suara dipantulkan kembali untuk menentukan ukuran, bentuk, dan konsistensi jaringan lunak dan juga organ. Informasi akan disampaikan lewat gambar di layar komputer. Teknologi ini bisa membantu mendiagnosis dan membuat sembuh keadaan tertentu. Seorang sonografi akan membantu jalankan tes ini. Lalu, ahli radiologi atau dokter Anda akan menafsirkan hasil gambar USG.

Kegunaan USG

USG miliki banyak fungsi dalam penyembuhan jadi dari mendiagnosis keadaan tertentu, membimbing dokter jalankan prosedur medis yang tepat hingga meyakinkan dan menentukan tanggal kehamilan klinik usg di bekasi .

Kehamilan: Gambar USG miliki banyak fungsi sepanjang kehamilan. Anda bisa menyadari keberadaan bayi, menentukan tanggal kehamilan, hingga mendeteksi potensi persoalan sepanjang kehamilan. USG sebagai alat skrining yang berfungsi mendeteksi beberapa persoalan kehamilan, seperti psisi sbayi sungsang, persoalan plasenta, juga cacat lahir. Orang tua bisa menyadari type kelamin bayi mereka lewat USG di sedang kehamilan. Bahkan dokter bisa gunakan ultrasound untuk memperkirakan seberapa besar bayi sebelum kelahiran.

Diagnostik: Biasanya dokter gunakan pencitraan ultrasonik dalam mendiagnosis beragam macam keadaan yang mempengaruhi organ dan jaringan lunak tubuh, juga jantung dan pembuluh darah, hati, kandung empedu, limpa, pankreas, ginjal, kandung kemih, rahim, ovarium, mata, tiroid, dan testis. Namun, ultrasound miliki beberapa batasan diagnostik; gelombang suara tidak menyebar bersama dengan baik lewat tulang yang padat atau anggota tubuh yang kemungkinan mencegah udara atau gas, seperti usus.

Digunakan sepanjang prosedur medis: Pencitraan ultrasonik bisa membantu dokter sepanjang prosedur, seperti biopsi jarum. Ketika dokter mengangkat jaringan dari daerah yang tepat di dalam tubuh untuk diuji di laboratorium.

Aplikasi terapeutik: Ultrasonografi kadangkala digunakan untuk mendeteksi dan membuat sembuh cedera jaringan lunak.

Jenis-Jenis USG cara membaca hasil usg

Umumnya, ultrasound gunakan transduser di permukaan kulit. Namun, untuk beroleh diagnostik yang lebih baik bersama dengan memasukan transduser tertentu ke tidak benar satu anggota tubuh. jenis-jenis USG meliputi:

USG eksternal: Pada USG ini gunakan alat bantu bernama probe. Alat ini ditambah sensor terhadap ujungnya untuk menangkap gelombang suara dari permukaan kulit. USG eksternal digunakan untuk memandang kelainan atau gejala terhadap organ tubuh. Selain itu, USG eksternal digunakan untuk memandang keadaan janin sepanjang kehamilan.

USG internal: USG transvaginal merupakan tidak benar satu contoh USG internal. Pada USG ini dikerjakan bersama dengan memasukan alat bantu probe berukuran selebar dua jari lewat vagina. Biasanya type USG ini dikerjakan dokter untuk memeriksa keadaan organ daerah panggul, seperti rahim dan indung telur.

USG endoskopi: Alat bernama endoskopi yang bersifat seperti selang tipis, panjang, dan fleksibel ditambah bersama dengan kamera, lampu, dan sensor USG di ujungnya. Biasanya alat akan dimasukan lewat mulut untuk memeriksa organ anggota atas, jadi dari kerongkongan hingga lambung.

Sesuai bersama dengan jenisnya, berkut ini beberapa pemakaian USG terhadap sejumlah organ yang harus Anda ketahui.

USG kepala: USG kepala kebanyakan dikerjakan terhadap bayi yang berfungsi mendeteksi kelinan otak. Ini kemungkinan berlangsung terhadap kelahiran prematur, kelainan bawaan lahir, cedera, perdarahan otak, radang otak hingga peradangan selaput otak (meningitis). Lain halnya terhadap orang dewasa USg kepala digunakan untuk mendeteksi lokasi tumor secara tepat selagi operasi dikala tulang tengkorak sudah dibuka.

USG leher: USG leher digunakan untuk memonitor keadaan organ dalam leher. Beberapa organ yang bisa dievaluasi, seperti pembuluh darah leher, kelenjar tiroid dan kelenjar air liur, dan juga kelainan lain dalam leher. USG leher juga digunakan untuk biopsi yaitu pengambilan sampel jaringan di anggota leher.

Jenis-Jenis USG dan Prosedurnya

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *