Furnitur sekolah sangat penting tidak hanya karena kenyamanan dan aspek estetika, tetapi juga untuk menjadi fungsional sesuai dengan lingkungan kelas yang seharusnya mereka layani. Jenis furnitur yang dimiliki sekolah ditentukan oleh pemilik sekolah tetapi kita juga harus mengingat fungsi dan kenyamanan furnitur yang dimaksudkan untuk melayani siswa. Perabotan Sekolah Karena furnitur kelas adalah investasi yang harus dipertimbangkan dalam jangka panjang, maka furnitur tersebut penting untuk tahan lama dan berkualitas baik. Sekali lagi, jenis siswa yang akan belajar di ruang kelas dan jenis pengajaran yang akan dilakukan di ruang kelas juga menentukan jenis furnitur yang diperlukan. Ruang kelas di perguruan tinggi biasanya memiliki ratusan siswa sedangkan di sekolah, terutama sekolah swasta, jumlah siswa jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sekolah umum. Sekali lagi, jenis anggaran yang dimiliki sekolah akan menentukan distributor meja kursi sekolah jenis furnitur yang dapat disediakan untuk siswa dan stafnya.

Jenis Ruang Kelas Dan Kebutuhan Furnitur

Jenis pengajaran yang berlangsung di kelas akan menentukan jenis furnitur yang dibutuhkan. Jika laboratorium, maka ada persyaratan meja dan kursi yang tahan terhadap noda kimia dan api. Perabotan keamanan dan ketahanan ditekankan di kamar-kamar seperti itu. Sebaliknya, ruang seni membutuhkan kuda-kuda dan bangku yang disediakan agar siswa dapat menggambar dan melukis dengan nyaman. Sekali lagi, di ruang teknologi atau ruang komputer, jenis furnitur berbeda dari apa yang dibutuhkan di lingkungan kelas. Cara belajar di kelas juga akan menentukan jenis furnitur yang akan dikandungnya. Oleh karena itu, kursi sekolah di perguruan tinggi tidak ada dan yang terlihat hanyalah gang panjang dari pengaturan tempat duduk bertingkat dengan platform terintegrasi yang berfungsi sebagai meja. Sebaliknya, di kelas-kelas di sekolah, ada meja dan kursi terpisah yang disediakan untuk siswa. Meja-meja itu lagi-lagi memiliki tipe yang berbeda-beda di sekolah yang berbeda dan dalam sistem pendidikan yang berbeda.

Jenis Kebutuhan Sekolah Dan Furnitur

Usia siswa juga menentukan jenis furnitur kelas yang akan disediakan di sekolah. Jika sekolah Montessori melibatkan balita, kursi dan meja biasanya berukuran kecil agar sesuai dengan anak-anak seusia itu. Kursi dan meja tidak disediakan secara ketat seperti dalam kasus anak-anak yang lebih besar. Furnitur sekolah bermain lebih terbuka untuk eksperimen dan karenanya, dapat ditentukan oleh otoritas sekolah. Sebaliknya, di sekolah menengah, furnitur biasanya berdesain standar. Sekali lagi, jika seorang siswa memiliki kebutuhan khusus seperti jika seseorang terikat kursi roda, maka ia membutuhkan meja kelas sesuai dengan tinggi badannya. Sekali lagi, beberapa sekolah memiliki kursi dengan platform meja yang memungkinkan lebih banyak ruang dan akomodasi lebih banyak siswa di kelas.

 

 

Pentingnya Perabotan Sekolah yang Baik

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *